Selasa, 30 Juni 2009

Asyik, Charger Universal Semua Ponsel Segera Hadir

Asyik, Charger Universal Semua Ponsel Segera Hadir
Heni BeritaNET.com, 30 Juni, 2009 08:26:00 | Dilihat 45 kali

Asyiknya jika memiliki banyak ponsel namun hanya membutuhkan satu charger saja. Pihak EC (European Commission) telah mengumumkan adanya 10 produsen produk mobile phone, yang merepresentasikan 90 persen dari market mobile phone di Eropa, telah menandatangani persetujuan secara sukarela untuk menggunakan charger standard untuk mobile phone dengan menggunakan konektor micro-USB. Persetujuan tersebut merupakan focus EC bahwa charger mobile phone dan iPhone sekarang ini banyak membuang komponen elektronik di dalamnya begitu saja.
Wakil presiden European Commission, Günter Verheugen mengatakan bahwa market mobile phone di Eropa adalah satu-satunya penanggung jawab dari ribuan ton pembuangan barang elektronik setiap tahunnya, sama seperti upgrade ponsel atau membuang ponsel lama dalam life cycle yang pendek. “Di market mobile phone Eropa, terdapat 185 juta mobile phone baru setiap tahunnya. Kami membicarakan life cycle yang pendek. Lebih buruk lagi, jika menggunakan ponsel yang berbeda, kemungkinan untuk mendapatkan charger yang bermasalah pasti ada. Charger standard tersebut akan hadir di pertengahan tahun, dengan ponsel baru yang disediakan untuk tipe charger baru tersebut, yang akan dijadikan charger standard di kemudian hari. Pada akhirnya, ponsel akan dijual tanpa charger, untuk mengurangi limbah ponsel yang tidak berguna dari user.” ungkap Verheugen.
Charger standard ini akan menggunakan USB untuk charging, dan menggunakan konektor micro-USB dari ponsel, sehingga charger juga dapat digunakan tanpa ponsel. Sejauh ini, terdapat 10 perusahaan yang telah menandatangani "Memorandum of Understanding” yang dipelopori oleh EC, di antaranya Apple, LG, Motorola, NEC, Nokia, Qualcomm, Research In Motion, Samsung, Sony Ericsson, dan Texas Instruments, dan akan segera diberlakukan di tahun 2010. EC memprediksikan 10 perusahaan tersebut sudah merepresentasikan penjualan mobile phone mereka sebanyak 90 persen di Eropa. (h_n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar